Beberapa tahun belakangan, dunia internet membawa banyak dampak terhadap perekonomian masyarakat. Bisa dilihat banyak banget profesi baru bermunculan seiring kemajuan di bidang digital atau internet. Contohnya youtubers, bloggers, vloggers, influencers. Bahkan dalam berbisnis pun, online lebih memberi kemajuan pesat daripada offline.

Sebelumnya aku juga pernah menulis tentang dukungan pemerintah dalam mengarahkan para pelaku UMKM dari konvensional non digital menuju digital. Hal ini dilakukan, karena terbukti bahwa metode berdagang digital atau online lebih bisa menjangkau pasar lebih luas daripada saat offline.

Berbicara tentang menjual produk secara online atau berdagang lewat internet, aku ingin share beberapa hal yang perlu diperhatikan agar produk kamu bisa menguasai pasar.

Ingat ya persaingan pun kerap terjadi di bisnis online. Apalagi jika pelaku bisnis online makin menjamur, makin ketat dong persaingannya. Gak mau kan baru tumbuh sebentar harus tumbang?

Inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar produkmu bisa menguasai pasar.

Selain sosial media, kamu juga perlu membangun website bisnis agar lebih terlihat pro

Jika dalam bisnis offline, kamu membangun kepercayaan dengan membangun toko yang bagus, kantor yang bagus, bahkan dengan dibangunnya toko-toko cabang di tiap daerah, begitupun dalam bisnis online. Bedanya dalam kaitan membangun kepercayaan dalam bisnis online, kamu bisa memulainya dengan membuat website.

Lalu apa peran sosial media? Sosial media dalam bisnis online diibaratkan dengan sebuah toko yang nantinya akan diarahkan ke kantor pusat. Nah, kantor pusat dalam bisnis online bisa diibaratkan sebuah website. Seperti layaknya sebuah kantor, website kamu pun harus memuat berbagai informasi tentang toko kamu. Dari mulai profil, jenis-jenis produknya, dsb. Buatlah seolah website adalah identitas di mana konsumen bisa mengenal kamu lebih jauh.

Digitalic.id
Membangun website bisnis agar lebih terlihat pro bisa (sumber: digitalic)

Tak hanya endorse, agar produkmu mudah ditemukan di laman pencarian, kamu bisa menggunakan jasa backlink

Jika dalam sosial media kamu turut melibatkan selebgram atau influencer untuk menginfluence pengguna sosial media, dalam membangun website bisa menggunakan jasa backlink.

Perlu diketahui, backlink adalah link yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web. Jadi, jika menggunakan jasa backlink, kamu bisa mengiklankan websitemu di website orang lain. Simpelnya jika di Instagram, ketika selebgram endorse, dia akan ngetagg akun kamu, jika di website ya akan ngetag website kamu melalui link tautan tersebut.

Link Building
Link Building

Lebih luasnya lagi, backlink juga akan berefek pada SEO. Untuk SEO aku juga pernah menguraikan cara-cara agar sebuah tulisan mejeng di page one google. Kali ini, aku pengen mengulas cakupan backlinknya saja.

Nah, jika ingin mencoba menggunakan jasa backlink, mulailah dengan beli backlink. Caranya cukup gampang, kamu tinggal menjalin kerja sama dangan penyedia jasa backlink. Selain beli backlink, biasanya jasa backlink juga menyediakan jual backlink.

Semoga uraiannya cukup jelas ya.

Jadilah unik

Ketika website  bisnis dan baklink sudah dikerjakan dengan baik, tetaplah perhatikan kualitas produknya. Gak bisa dipungkiri, yang paling penting dari semuanya ketika berbisnis adalah produknya. Percuma kan ketika produk  mudah ditemukan tapi konsumen enggan untuk membeli? Disitulah pentingnya menciptakan produk yang unik. Produk yang membuat konsumen terikat. Produk yang sulit ditemukan di tempat lain.

Ini nih… jadilah unik, sulit tau! Iya, jika menjadi unik itu gampang, mungkin gak akan ada bisnis yang berlatar belakang ikut-ikutan yang ujungnya gulung tikar. Untuk menjadi unik, kamu perlu menemukan karakter dari produkmu. Gak apa-apa sama-sama jual jilbab, tapi ciptakanlah jilbab yang beda. Baik itu model atau bahannya.

Out of the box
Out of the box

Bisnis tak hanya tentang membangun interaksi jual-beli, sekali-kali buatlah program untuk menyenangkan hati

Jika semua hanya tentang untung dan rugi, jual dan beli, maka lambat laun ikatan yang terbangun pun hanya sebatas penjual dan pembeli. Bukankah lebih baik jika ikatan itu terus berkembang menjadi ikatan keluarga?

Sama seperti pertemanan yang hatinya butuh dibikin seneng, konsumen pun bukan robot yang hanya berperan dalam menghabiskan barang yang kamu jual. Sekali-kali bahagiakanlah konsumen dengan program-program yang bertujuan untuk menyenangkan hati mereka. Baik itu diskon atau give away. Dengan begitu, mereka akan merasa diperhatikan dan akhirnya akan terbangun interaksi yang lebih hangat, tak hanya sebatas interaksi bisnis.

Buatlah konsumen puas dengan pelayanan yang baik

Mengacu pada rasa diperhatikan, menciptakan pelayanan yang baik tak hanya tentang respon cepat dan ramah. Jika hanya seputar respon cepat dan ramah, banyak kok yang mampu memberikan pelayanan seperti itu. Karena nyatanya perkara cepat dan ramah adalah sebuah standar mutlak. Dalam menciptakan pelayanan yang baik yang ingin aku sampaikan di sini adalah tentang menjadi pendengar yang baik.

Contohnya saat kamu ingin membuat produk baru, enggak ada salahnya melakukan voting atau menerima masukan dari konsumen tentang produk apa sih yang diinginkan, bahannya seperti apa, dan harganya berapa.

Kadang-kadang, gak ada salahnya juga berbagi pengalaman bisnis atau membuka ajang curhat seputar bisnis. Ciptakan pelayanan yang baik tak hanya ketika konsumen hendak membeli, atau complain, tapi juga mau dan memberikan waktu untuk mendengarkan keinginan konsumen.

Intinya sih jika ingin  produkmu lebih unggul dari produk lain, posisikan dirimu bukan sebagai penjual tapi sebagai teman yang menjawab kebutuhan orang lain.

Jadi, sudah sampai di mana perkembangan bisnis kamu? Boleh dong share di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here