Asian Games 2018 merupakan ajang olahraga terbesar se-Asia. Beruntungnya aku menjadi salah satu yang bisa menyaksikan euforia Asian games. Termasuk euforia yang paling sangat berkesan yaitu opening ceremony yang kemeriahannya akan menjadi catatan sejarah baru bagi bangsa Indonesia.

Asian Games 2018 dibuka dengan pertunjukan kolosal yang dikemas dengan sangat apik sehingga mampu menjadi bukti kepada dunia, bahwa Indonesia mampu menyelenggarakan event dengan standar International. Belum lagi dengan adanya aksi Bapak Presiden kita, Bapak Jokowi dengan menaiki motor gede yang sempat jadi viral.

Panggung Opening Ceremony
Panggung Opening Ceremony

Ya, saat opening ceremony Asian Games 2018 kemarin, Jokowi mengenakan setelah jas hitam, lengkap dengan helm hitam. Beliau menaiki motor gede menuju lokasi acara dan sempat terhadang kumpulan pendemo. Di dalam aksinya tersebut, yang ditampilkan salah satu stasiun swasta di Indonesia, Jokowi berperan seperti Tom Cruise yang menguasai berbagai teknik mengendarai moge.

Tak hanya sampai di sana, kemeriahan opening ceremony Asian Games 2018 turut menampilkan banyak musisi-musisi muda yang karyanya sudah banyak dinikmati berbagai kalangan seperti Anggun, Raisa, Tulus, Edo Kondologit, Putri Ayu, Fatin, GAC, Kamasean, dan Via Vallen.

Ditambah dengan design panggung dan tata lampu yang sangat spektakuler menambah momen opening ceremony sangat berkesan bagi kita, bangsa Indonesia yang merupakan pihak penyelenggara.

Panggung dalam opening ceremony Asian Games, tak hanya menjadi tempat para musisi menampilkan karyanya, tapi juga merupakan tempat menampilkan 4 elemen yang merupakan gambaran keindahan alam nusantara, seperti bumi, air, angin, dan tanah. Penerapan keempat elemen tersebut dalam pembuatan panggung jelas masing-masing memiliki esensi yang berbeda. Berikut selengkapnya:

BUMI

Dalam opening ceremony Asian games 2018 kemarin, keindahan alam Indonesia dapat dilihat dari gerakan yang menggambarkan ragam budaya, warna, ekspresi dan perspektif yang terjaga hingga ke masa kini. Ditampilan dalam bentuk persembahan cinta dan dedikasi anak bangsa kepada bumi yang dikemas dalam tarian ritual dan tarian perang.

Penata tari : Eko Supriyanto

Pengarah musik : Ronald Steven & Addie MS

AIR

Elemen ini digambarkan dalam sebuah samudera biru sebagai penghubung antara ribuan pulau-pulau di sekitarnya, membentuk satu kesatuan Indonesia. Diawali dengan samudera bergejolak yang menggambarkan masa awal sejarah Indonesia yang kental akan konflik, kemudian air hadir menjadi penyatu, yang memiliki peran menenangkan gejolak dan membawa kedamaian bagi semua pulau.

Penata tari : Denny Malik

Pengarah musik : Ronald Steven & Addie MS

ANGIN

Sebuah elemen yang mampu mewakili karakter para leluhur bangsa Indonesia yang memiliki kebijaksanaan, kekuatan, dan nasionalisme tinggi. Angin yang mampu menggambarkan kekuatan yang tumbuh dan menyebarkan daya hidup, mewariskan nilai-nilai bangsa secara turun temurun.

Penata tari : Denny Malik

Pengarah musik : Addie MS

API

Tak hanya bumi, air dan angin, gambaran keindahan alam nusantara juga memiliki elemen api yang turut ditampilkan dalam panggung opening ceremony asian games 2018. Api, yang merupakan lambang keberanian dan semangat berkompetisi bangsa Indonesia. Dalam segmen ini, api dan lava yang menjadi cermin bahwa jiwa dan raga bangsa berakar pada bumi.

Penata tari : Eko Supriyanto

Pengarah musik : Ronald Steven & Addie MS

Tarian di Opening Ceremony Asian Games

Panggung tersebut menjadi saksi dimulainya anak-anak harapan yang digaungkan sama-sama ke langit untuk perjuangan para atlet Indonesia. Saat itu saya merasa bangga, kita yang pernah mendukung orang berbeda, pernah bertentangan dalam meja diskusi karena pemikiran berbeda, saat itu kita meneriakan nama yang sama. Satu nama, baik di hati maupun dalam do’a. Hanya Indonesia, kekuatan Asia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here