Helo, Healthy people…

Sudah memasuki hari Ramadan ke-2 nih yang berarti hari ini adalah hari ke-dua berpuasa. Hari pertama dan kedua pasti masih semangat banget untuk bangun sahur, begitupun dengan persiapan memasak untuk berbuka. Semoga semangat ini terus dirasakan sampai hari terakhir, bukan hanya di awal-awal Ramadan ya people. Sebelum bahas lebih jauh, saya ingatkan kembali defini berpuasa menurut islam.

Definisi berpuasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala hal yang membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, dengan syarat tertentu untuk mengingkatkan ketaqwaan seorang muslim.

Dari definisi maka kita tahu bahwa ketika berpuasa, kita tidak mengkonsumi makanan dan minuman selama lebih dari 12 jam. Yang artinya tubuh akan kekurangan cairan dan energy. Nah, gimana sih cara mensiati agar kebutuhan cairan dan energy saat berpuasa tetap terpenuhi? Hal inilah yang menjadi alasan saya mengikuti Womentalk Class yang dilaksanakan pada 4 Mei 2018 lalu di Tanamera Coffee yang alhamdulillah pada kesempatan itu, womentalk class mengangkat tema  “Healthy Plan for Ramadan” supported by polytron.

Suasana womentalk class "Healthy Plan for Ramadan"
Suasana womentalk class “Healthy Plan for Ramadan”

Pada Talkshow ini turut hadir Jocelyn Halim seorang pakar nutritionist yang akan menguraikan tentang bagaimana cara mengatur pola makan sehat bulan Ramadan, hadir pula mba Diana dan Fifi Alvianto seorang praktisi gaya hidup sehat. Seperti apa sih lengkapnya? Yuk, bahas satu persatu.

Jaga kebersihan dengan mencuci tangan sebelum makan

Pentingnya menjaga kebersihan adalah bentuk dari pencegahan diri dari terserangnya berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri maupun kuman. Salah satu cara kecilnya adalah dengan membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum makan dengan sabun.

Cukupi kebutuhan air putih

Ketika berpuasa otomatis kita tidak mengkonsumsi air putih lebih dari 12 jam. Namun hal ini bukanlah alasan untuk tidak mencukupi kebutuhan air putih yakni 2L per hari. Pada talkshow Helalthy Plan for Ramadan, mba Jocelyn Halim berbagi strategi mengkonsumi air saat berpuasa agar kebutuhan akan cairan tetap terpenuhi. Strategi itu adalah seperti uraian di bawah ini:

  • Saat berbuka puasa, minumlah air putih sebanyak 2 gelas
  • Malam hingga menjelang tidur, minumlah air putih sebanyak 4 gelas
  • Saat sahur hingga imsak, minumlah air putih sebanyak 2 gelas

Dengan mengikuti strategi dari mba Jocelyn, kebutuhan cairan per hari dapat terpenuhi dengan baik.

Makan seimbang dan sesuai porsi

Sesuai pedoman depkes RI 2003 bahwa porsi makan sehat dalam satu piring harus terdapat makanan pokok, lauk pauk, buah-buahan dan sayuran. Jika diilustrasikan maka piring makan sehat seperti di bawah ini:

piring sehat sesuai depkes

Nah, saat bulan Ramadan, pola makan kita akan terbagi menjadi 2 yakni  saat sahur dan pola makan saat berpuasa.

Saat sahur kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan berkarbohidrat kompleks, protein jenis nabati atau hewani, serat dari buah dan sayur, dan air putih. Yang mana karbohidrat, protein, dan serat membantu menjaga rasa keyang lebih lama. Sedangkan kebutuhan cairan yang terpenuhi akan meghindari dehidrasi.

Dalam aturan pola makan sehat, diharapkan untuk menghindari makanan pedas dan berlemak tinggi karena dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di perut. Makanan terlalu asin dan minuman bersoda dapat menimbulkan haus dan dehidrasi.

Sedangkan pola makan sehat saat berbuka puasa, dimulai dengan minum air untuk mengembalikan cairan tubuh, lalu dilanjutkan dengan berbuka perlahan dengan porsi kecil untuk menghindari sakit perut. Beri jarak 1,5 jam untuk makanan utama agar perut siap mencerna makanan.  Untuk waktu tidur, diharapkan tidur 2-3 jam setelah makan.

Cukupi pula cairan sehat dengan pemanis alami seperti kurma untuk menormalkan kembali gula darah. Saat berbuka diharapkan untuk menghindari makan berlebihan, lemak tinggi, dan terlalu manis karena dapat meningkatkan berat badan.

Nah, untuk mendukung gaya hidup sehat tak hanya tentang pola makan sehat, tapi juga proses penyimpanan dari makanan itu sendiri. Maka dari itu polytron meluncurkan satu produk baru bernama polytron Belleza 3 yang bisa menjaga mutu dan kualitas gizi makanan baik itu buah-buahan ataupun sayur-sayuran.

Belleza 3
Belleza 3

Apa aja sih kelebihan dari Polytron Belleza 3

  1. Zen Design, Hadir dengan desain lebih cantik dan inovasi terbaru. Desain lebih elegan dan mewah dengan bahan kaca tempered
  2. Shielded Moisture Compartment yang dapat menjaga buah tetap segar 2x lebih lama. Kompartemen khusus untuk menyimpan buah-buahan, dengan penyekat udara yang mencegah udara luar tidak masuk ke dalam.
  3. Humidity Control Crisper, kompartemen khusus untuk menyimpan sayuran sehingga dapat menjaga kesegaran sayuran secara optimal. Mengatur tingkat kelembabab agar sayuran tetap segar dan tidak mongering.
  4. Smart Cooling System, dengan pengaturan fungsi defrost diatur otomatis sehingga lebih hemat energy. Sistem pengaturan suhu digital sengan sensor suhu yang presisi sehingga menghasilkan proses pendingin yang sangat akurat
  5. Edge Led Lighting, dengan menggunakan lampu LED lebih hemat energy serta menghasilkan terang lebih merata ke seluruh bagian kulkas
  6. Photacalytic Deodorizer, berfungsi untuk menyerap dan menetralkan bau tak sedap, terbuat dari bahan yang bisa dicuci dan digunakan kembali.
  7. Garansi 10 tahun untuk kompresor belleza 3, Sebagai bentuk komitmen polyton untuk selalu memberi kesegaran bagi anda dan keluarga.
Shelded moisture compartment BELLEZA 3
Shelded moisture compartment BELLEZA 3

Spesifikasi Polyton Belleza 3

Type : Double door

Capacity : 240 liter dan 210 liter

Finishing door : Tempered Glass door

Power input : 115 watt

Voltage Input : 220 v/ 50 Hz

Refrigerant : R600a

Dimension:  568 x 602 x 1609 mm

Nett weight : 60 kg

Warranty Compressor : 10 years

Selain itu polytron belleza 3 hadir dengan lima pilihan warna, yaitu Black mirror, Dark Grey, Dark Brown, Dark Blue, dan Violet.

Yuk, menuju hidup sehat bersama polytron belleza 3.

Salam,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here