Selamat siang menuju sore dari aku yang lagi menikmati suasana baru. Duduk di coworking space Daerah cikini ditemani suami. Hari ini aku pengin bahas hal berbeda karena yang aku ingin bahas kali ini tentang menu nusantara, tepatnya makanan khas Papua. Agak jarang sih memang aku bahas kuliner, tapi percayalahโ€ฆ aku selalu ingin membagikan hal-hal yang aku rasa emang pantas untuk dibagikan. Nah, barangkali di antara kamu, ada yang penasaran dan memang sedang mencari rekomendasi makanan nusantara yang unik, jarang ditemukan, mohon jangan beranjak. Karena kamu, sudah ada di portal yang tepat. Semoga ๐Ÿ™‚

Apa yang terlintas di pikiran kamu jika membahas tentang makanan nusantara? Jika berbicara tentang gado-gado, nasi padang, soto lamongan, sate madura, mungkin sudah bukan hal yang baru. Dan tentunya, akan sangat mudah ditemukan. Berbeda dengan makanan khas Papua, mungkin kamu akan sedikit berpikir keras.ย  Berusaha menemukan jawaban, apa sih makanan khas di sana? Atau, di mana sih bisa mendapatkan menu makanan Papua yang tentunya gak perlu terbang ke sana? Menurutku, untuk menjawab ini gak semudah ketika kamu harus menyatukan puzzle dari kata sate Madura, atau gado-gado.

papeda
kenalan dengan papeda makanan khas papua

Seperti pertama kali aku berkenalan dengan papeda. Aku agak sedikit roaming, karena sebelumnya memang jarang sekali mendengar tentang papeda. Baiklah, aku akan mencoba membagi tentang menu-menu yang sangat baru, dan tentunya cita rasa yang cukup mengejutkan untuk aku yang memang terbiasa dengan cita rasa khas jawa.

Papoea By Nature

Sebuah awal cerita bermula dari ajakan icip-icip makanan Papua. Sebuah ajakan yang tentunya bisa menjawab rasa penasaranku, yang memang kesehariannya menyantap menu khas jawa. Bertempat di sebuah restoran khas papua di daerah Pakubuwono, sebuah restoran dengan konsep alam papua yang dikenal dengan nama Papoea by Nature.

Jujur, ini adalah kali pertamaku mencoba makanan papua, dan citarasanya memang sangat berbeda dengan makanan khas jawa yang didominasi manis dan asin. Nah, biar lebih jelas, aku pengin ajak kamu kenalan dengan beberapa menu di Papoe by nature.

Papoea by Nature
Papoea by Nature

Makanan Khas Papua di Papoe by Nature

Papeda. Sebelumnya apakah kamu pernah mendengar tentang papeda? Bagi yang belum, aku ingin kasih sedikit uraian. Papeda adalah makanan khas Papuayang berbahan dasar sagu. Biasanya disaikan dengan ikan kuah kuning. Kesan pertama aku nyobain papeda tuh, seperti makan โ€˜cirengโ€™. Bedanya, cireng digoreng. Karena ini pertama kali mencoba papeda, aku agak kesulitan makannya. Karena teksturnya yang lengket seperti lem. Akan lebih mudah jika menggunakan sumpit atau garpu, lalu digulung-gulung saat hendak menikmatinya. Untuk kuahnya sendiri terbuat dari ikan makarel yang cukup gurih untuk menetralisir papeda yang tawar.

Menu Papoea by Nature
Jungle Chicken Roast yang memiliki cita rasa light – sweet – ciliantro – parshley dengan talas Taro butter Smashed

Doughnut Buah Merah. Donat dengan selai nanas, strawberry, coklat, mungkin sudah gak asing lagi. Tapi, bagaimana jika donat itu berisi selai buah merah? Buah yang memiliki nama latin Pandanus Conoideus dan tersebar di Pulau Papua hingga Papua Nugini yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Rasa buah merahnya gak terlalu asem dan gak terlalu manis juga. Susah banget dideskripsiin gimana rasanya si buah merah. Tapi menurutku pertemuan citarasa buah merah dengan citarasa donutnya perlu diapresiasi.

Smoked Tuna with seafood buah merah.
Smoked Tuna with seafood buah merah.
Menu Papoea by Nature (
Menu Papoea by Nature (

Smoked Tuna with seafood buah merah. Selain mempertemukan cita rasa donat dengan buah merah, di papoea by nature juga menggunakan buah merah sebagai kuah pasta.

Gak hanya papeda, doughnut buah merah, dan smoked tuna with seafood buah merah, masih banyak banget menu khas papua yang sudah dimodernisasi. Seperti, Jungle roast chicken, beef chimichuri, fish in banana leaf, yellow soup sayur lilin, fried rice (chicken, mushroom,menado roa fish), fried sago with red curry soup. Ada rainforest rolls yang berisi campuran salad, campuran alpukat, pumpkin dll. Ada juga fried canary banana with sea salt caramel sauce.

Menu Papoea by Nature
Menu Papoea by Nature

Sedangkan untuk snacknya selain doughnut buah merah, ada juga peanut muffin, durian eff tart, caramelised coconut lime sago. By the way, mendengar nama menunya aja membuat dahi kamu mengkerut enggak sih? Makin penasaran kan, seperti apa sih rasanya yellow soup sayur lilin, seperti apa sih buah merah ketemu adonan donat.

Baveragesnya apa sih di papoea by nature?

Jika nama-nama menu utama cukup membuat kamu menarik urat-urat dahi kamu, berbeda dengan baveragesnya yang menurutku sudah cukup familiar. Seperti fresh juice, hot tea, minuman dingin, milk shake dan tentunya minuman yang lagi jadi trend yaitu kopi. Nah, untuk kopi sendiri yang terkenal di sini adalah kopi Wamena.

Gimana, setelah membaca tentang menu-menu khas papua yang tentunya dengan cita rasanya, apakah kamu tertarik untuk mencicipi?

Untuk kamu yang ingin mencoba sesuatu yang baru dan unik, makanan khas papua bisa jadi pilihan loh. Jadi, buat kamu yag penasaran dengan papeda, buah merah, dan makanan khas papua lainnya, kamu gak perlu terbang ke papua. Cukup datang ke Papoea by Nature.

Papoea By Nature
Jl. Pakubuwono VI No. 77 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120
Telp:ย (021) 22716633

19 COMMENTS

  1. memanglah, jangan melulu hafal dan kenal dengan makanan2 luar negeri sahaja ya kak, kuliner khas nusantara pun masih banyak yang bisa ditelusuri kenikmatannya.. jadi terbit selera makanku nih ๐Ÿ™‚

  2. Waini, makanan yang disajikan benar-benar unik dan beda. Aku belum pernah sama sekali menemukan Papeda ketika jalan-jalan kuliner. Sebenarnya memang dari sagu sih buatnya, tapi kalau makanan yang bentuknya persis kayak yang biasa masyarakat Papua buat, aku jarang menemukan di kota Jogja mba ๐Ÿ™‚

  3. Papeda sering pernah dengar. Pernah ada teman yg mencoba buat. Entah gagal atau gimana, jadinya malah kita dadar dan jadi cilung, alias aci digulung. Hahaha…

    Makanan Papua unik2 ya. Kita emang belum mengenal banyak. Cocok tuh di kota besar di Jawa ada restaurant khas Papua ๐Ÿ™‚

  4. Keren ya tempat ini. Kayak menginternasionalkan makanan Papua yang di Indonesia sendiri kebanyakan masyarakatnya masih asing. Hehe, termasuk saya. Dari duli sampe penasaran, macam mana sih rasanya papeda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here