Keluarga tak hanya tentang orang-orang yang terikat karena hubungan darah. Bukan pula hanya tentang dilahirkan dari rahim yang sama. Tapi keluarga adalah sebuah kumpulan orang yang penuh rasa saling ingin membahagiakan. Tinggal dalam satu atap yang bernaung dibawah kepercayaan, dipeluk dan dibentengi dinding kasih sayang. Dan aku, di sini.. di tanah rantau, aku punya banyak keluarga seperti itu.

Salah satunya aku temukan mei 2017 kemarin. Saat aku pertama kali menyambangi satu komunitas blogger di Jakarta yang isinya anak-anak keren. Dan aku…. hanyalah remahan uang kertas seribu perak, lecek, yang untuk membeli minumpun sudah tak bisa.

Menemukan satu tempat baru untuk bersosialisi, bagiku.. anak kampung yang nekat datang ke tanah rantau adalah suatu keberuntungan. Terlebih, tempat itu membantuku berkembang, membantuku dalam banyak hal tentang menulis, membantuku mendapatkan banyak jalan rezeki, dan tentunya membantuku untuk selalu merasa mendapat dukungan. Seperti keluarga. Rasanya seperti keluarga. Bahu membahu. Semua bertindak sama, tidak ada senior atau junior. Aku suka keluarga baruku. Keluarga Blogger Jakarta.

2th Merajut Kebersamaan
2th Merajut Kebersamaan (dokumentasi KBJ)

Time flies so fast, 11 Juni kemarin, KBJ berulangtahun yang ke-2. Seperti tahun kemarin, syukuran HUT KBJ juga diselenggarakan bersama anak yatim dan dhuafa dengan mengangkat tema #2TahunMerajutKebersamaan. Ini yang kusuka dari keluarga baruku. Penuh kesederhaan dan kesahajaan. Mau berbagi terlebih kepada mereka yang membutuhkan. Aku suka cara komunitas ini berinteraksi, cara komunitas ini menciptakan satu ciri, cara komunitas ini menemukan jati diri.

HUT Blogger Jakarta, 2 Tahun Merajut Kebersamaan

“Niat kita baik. Pasti ada jalan”.

Dan masih banyak kata perkata lanjutan yang gak bisa aku ceritakan betapa loyalnya pengurus KBJ. Tanpa digaji, tanpa dibayar, mereka rela berletih-letih, memusatkan fikiran, fisik, sampai materi demi terlaksananya program HUT Blogger Jakarta. Saat itu, aku tahu… dibalik kesuksesan sebuah acara, ada orang-orang gagah yang menantang apapun di belakangnya. Banyak sekali luka-likunya, tapi.. emang bener, namanya juga niat baik, ya pasti ada jalan.

Buka bersama Anak yatim piatu & Dhuafa di Yayasan Lazisna
Buka bersama Anak yatim piatu & Dhuafa di Yayasan Lazisna (dokumentasi KBJ)

Hingga program HUT Blogger Jakarta, 2 tahun merajut kebersamaanpun, tepat pada tanggal 11 Juni 2018 sukses menyelenggarakan syukuran berupa santunan yatim piatu & dhuafa sekaligus buka bersama di Yayasan Lazisna di daerah duren sawit.

Acara itu dimulai pukul 4.00 selepas ashar dengan dipandu host gagah berkacamata kembaran afgan yaitu Mas Rizki. Peserta yang hadir yang sebagian besar masih anak-anak sangat gembira. Terlihat dari antusiasnya peserta mengikuti rangkaian acara. Mulai dari pembacaan ayat suci Al-quran yang pada kesempatan itu dibawakan oleh salah satu pengurus blogger Jakarta yaitu Bang Oji, dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Purwanti selaku perwakilan dari Lazisna, dan ditutup dengan penuh kemeriahan oleh tepuk tangan peserta pemenang Instagram foto kontes.

Pemenang instagram foto kontes
Pemenang instagram foto kontes (dokumentasi KBJ)

Dibalik Suksesnya acara 2 Tahun Merajut Kebersamaan

Sebuah acara dinilai sukses apabila mampu memberikan manfaat kepada peserta, dan bagiku yang saat itu kewalahan membungkus  doorprize untuk anak-anak (asli.. ini banyak banget, alhamdulillah), aku tahu.. acara ini bisa membawa pulang kebahagiaan. Banyak kebahagiaan yang bisa anak-anak bawa pulang.

“Anak-anak tuh suka kalo dapet hadiah, apalagi banyak. Gak penting nilainya, tapi yang penting tuh niatnya. Berbagi gak perlu tentang rupiah yang mahal, tapi ngasih hiburan, ngasih coklat dibuntel kertas kado aja uda seneng”.

Aku mengiyakan ucapan salah satu pengurus lazisna yang sibuk menggunting kertas kado bersamaku. Ya kami saat itu kebanjiran donasi. Mulai dari baju layak pakai, jilbab baru, alat sholat, alat tulis, dll.

Pembagian Buah tangan untuk anak-anak yatim, piatu & dhuafa
Pembagian Buah tangan untuk anak-anak yatim, piatu & dhuafa (dokumentasi KBJ)

Saat itu aku tahu, banyak banget tangan-tangan kecil yang bertindak besar dibalik kesuksesan acara. Salah satunya, dukungan penuh dari C2live. Ada juga donator-donatur yang dengan sukarela, ikhlas, mendonasikan apapun yang dimilikinya demi mengundang banyak tawa di Yayasan. Dan sekali lagi alhamdulillah, tercapai!

Anak-anak senang membawa pulang banyak hadiah, membawa pulang banyak cerita, membawa banyak tawa yang bisa dibagikan esok atau lusa kepada teman-temannya. Menjadi cerita kepada orangtuanya. Dan, aku.. yang saat itu menjadi salah satu dari anggota yang hadir ikut meramaikan, sangat teramat hanyut dalam suasana haru. Membawa banyak hikmah, nilai dari perasaan mau berbagi yang luar biasa.

Selamat ulang tahun Keluarga Blogger Jakarta, teruslah menebar manfaat. Teruslah bergerak maju dengan penuh kesahajaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here