Perlu referensi atau kisah inspiratif dari tokoh inspiratif yang bisa membakar semangat, kadang aku perlu muter-muter toko buku. Datang, membaca dan memilah mana sekiranya yang perlu kubawa pulang. Atau, sebagai anak digital yang sehari-harinya gak bisa dipisahkan dengan internet, aku bisa berselancar di layar google. Berganti dari web satu ke web lain, guna mencari mana yang sekiranya menarik dan sesuai dengan passion.

Sebagai anak yang memang selalu butuh inspirasi agar semangat bisa terus menyala-nyala, membaca kisah inspirasi itu perlu. Karena jujur, semangat itu di dadaku seperti lilin yang laun-laun bisa padam jika  tidak terus dibakar ulang. Apakah kamu juga merasakan  bahwa menemukan portal yang cocok di page google yang bejibun itu kadang bikin pusing. Apalagi jika yang kamu cari lebih dari satu tokoh. Seperti tokoh inspiratif kategori komunitas dan juga kesehatan. Biasanya, kita akan membuka dua web atau halaman berbeda. Misal, satunya yang cocok sama aku tentang kategori komunitas, aku temukan pada website milik Mawar di halaman 7 google. Dan kategori kesehatan, aku temukan pada halaman 4 google di website milik Melati. Ya, begitulah. Proses menemukan yang sehati emang kadang penuh drama.

Berharap sih ada satu portal khusus yang memang isinya tentang tokoh inspiratif. Jadi, semakin mudah dan gak perlu banyak drama bukan?

Tokohinspiratif.id

Do’a aku dan beberapa orang yang gemar nyari inspirasi dari tokoh inspiratifpun terkabul. Pada tanggal 9 Agustus 2018 kemarin, aku berkesempatan menghadiri launching dari portal tokoh yang telah berbuat baik dan memberi inspirasi bagi bangsa dan kemanusiaan. Nah, portal itu berdomain tokohinspiratif.id.

Launching websiter tokoh inspiratif
Launching websiter tokoh inspiratif

Bertempat di Ocha & Bella Resto – Hotel Morrisey, acara launching tokohinspiratif.id turut menghadirkan beberapa narasumber di antaranya:

  1. Prof Dr.Sulistyowati Irianto, Guru Besar Antopologi Universitas Indonesia yang merupakan tokoh inspiratif Kategori Akademisi
  2. Nur Hidayati, Direktur Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia yang merupakan tokoh inspiratif Kategori Aktivis Organisasi Non Politik
  3. Titi Anggraini, Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi yang merupakan tokoh inspiratif Kategori Demokrasi
  4. Ratna Dewi Petalolo, SH,MH, Anggota Bawaslu RI Divisi Penindakan yang merupakan tokoh inspiratif Kategori Apaatur Pemerintah
  5. Merah Johansyah Ismail, Koordinator Jaringan Advokasi Tambang yang merupakan tokoh inspiratif Kategori Organisasi Non Politik

Terlahir dari sebuah gagasan sekumpulan individu dan organisasi yang memiliki kepedulian terhadap masa depan, tokohinspiratif.id berhasil menjadi wadah terhubungnya para individu yang telah berbuat baik dan memberi inspirasi bagi bangsa dan kemanusiaan. Seperti yang dikatakan oleh Halim Muhammad, selaku Penggagas Website tokohinspiratif.id diharapkan dapat menularkan aksi positif dari tokoh-tokoh inspirasi Indonesia ke masyarakat lebih luas.

Selain itu, menurut Halim Muhammad, portal ini juga didedikasikan untuk mereka yang fokus pada gerakan kemanusiaan tanpa pamrih.

Website tokohinspiratif.id
Tampilan dari Kategori Tokoh Inspiratif pada website tokohinspiratif.id

Nah, dari tampilan website tokohinspiratif.id bisa dilihat bahwa kita bisa mengakses 12 kategori berbeda. Di antaranya Kategori Komunitas, Akademisi, Organisasi non Pemerintah, Masyarakat adat, Penyelenggara Negara, Kesehatan, Difabel, Demokrasi, Seniman dan Nelayan.

Menjadi Tokoh Inspiratif

Ada yang lebih menarik dari website ini. Selain bisa mengakses inspirasi dari tokoh-tokoh inspiratif, kita juga bisa mengajukan tokoh inspiratif kita loh. Jadi, kita sebagai netizen bisa berperan aktif dengan mengusulkan nama yang nantinya akan dinilai oleh tim editor. Menarik bukan?

Jika ingin mengajukan dirimu sendiri atau orang-orang disekitarmu sebagai tokoh inspiratif, penuhi dahulu kriteria di bawah ini ya.

  • Memiliki passion, untuk menjadi tokoh inpiratif kamu perlu memiliki passion yang jelas. Bukan lagi pada tahap pencarian passion.
  • Memiliki kapasitas, baik itu ilmu atau akses
  • Memiliki Integritas
  • Memiliki Innovasi yang out the box, beda dari yang lain.
  • Spirit of giving, karena menjadi tokoh inspiratif perlu semangat menyala-nyala agar bisa menularkan semangat atau inspirasinya.
narasumber tokoh inspiratif
Ibu Nur Hidayati, Prof.Dr. Sulistyowati Irianto, dan Ibu Titi Anggraeni sebagai narasumber.

Diharapkan dengan adanya tokohinspiatif.id semakin banyak orang-orang yang ambil peran menjadi inspirator untuk Indonesia yang lebih baik, dan menularkan semangat tersebut agar lebih banyak lagi orang terinspirasi untuk menjadi inspirasi.

Gimana? Menarik kan? Jadi buat kamu yang sama seperti aku, membutuhkan tokoh inspirasi untuk terus maju bahkan menjadi inspirasi untuk oranglain, Coba deh akses website tokohinspiratif.id yang memang wadah tokoh-tokoh inspiratif. Jadi gak perlu repot nyari yang gak pasti. Karena pencarian yang gak pasti itu penuh resiko. Hehe..

Karena semangat itu menular, yuk mulailah dengan gemar mengakses website tokohinspiratif.id. Temukan inspirasimu, bergerak, dan jadilah inspirasi.

21 COMMENTS

  1. wah ada website bgini ya memacu semangat juga misalkan kalau kita lg introvert bingung pengen apa bisa buka juga ya website ini nyari orang2 inspiratis di dalamnya. kita jg bisa menyarankan orang2 nya kan ya

  2. Kita emang butuh tokoh inspiratif, khususnya yang punya pemikiran2 positif yang berkontribusi aktif buat negeri ini.
    Khususnya anak2 muda tuh… Kita bisa sarankan mereka buka web ini jd bisa buat nambah info dan pengetahuan yaaa

  3. Menarik sekali ini programnya. kita diberi kesempatan untuk ikut memilih orang-orang yang menginspirasi dan memberikan impact positif ke orang-orang disekitarnya. Jadi punya kesempatan untuk berbag hal baik agar diketahui orang lebih banyak

  4. Wah, makasih infonya. Baru tau ada website sekeren ini. Bisa banget ngebantu kalo lagi down. Orang lain aja bisa ngelakuin yang keren2, masa kita msh aja stuck. Hehe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here