Hal yang paling aku suka dari pekerjaanku sekarang adalah setiap hari aku berkecimpung dalam lingkungan yang berbeda-beda, teman yang berbeda-beda, setiap hari mempelajari sesuatu yang berbeda-beda.

Dan, semakin menyelam ke dasar, aku semakin tau, aku tidak tau apa-apa. Aku masih perlu belajar, perlu banyak membaca, karena masih banyak hal yang tidak aku tau. Aku merasa kecil di tengah banyaknya ketidaktahuan.

Caption yang aku tulis di salah satu postingan Instagram beberapa hari yang lalu saat mengikuti acara peluncuran UDAX Indonesia oleh Aliansi Blockchain Asian Tenggara pada 31 Otober 2018. Iya jadi blogger membuatku jumping dari pengetahuan satu ke pengetahuan yang lain. Bahkan saking barunya pengetahuan itu, aku perlu memaksa otakku untuk bekerja lebih keras. Mengunduh banyak informasi dasar terlebih dahulu, sebelum masuk ke materi pokok.

Termasuk ketika tawaran menerima ilmu baru tentang  digital assets (bitcoin), aku perlu bekerja lebih eksta untuk mencerna semuanya. Anak digital harus paham juga dong tentang digitals assets, itulah pikiran yang membuat kakiku melangkah ke dalam Java Ballroom, The Westin Hotel, Jln. HR Rasuna Said, Jakarta Selatan pada pukul 12.00 siang.

Acara yang dimulai dengan makan siang ternyata memiliki manfaat cukup banyak bagiku. Selain karena sebagai amunisi otak agar lebih kuat mencerna, ternyata makan siang itu juga berguna agar telinga ku lebih bisa mendengarkan apa yang dipaparkan dengan baik. For your information, bahasa yang digunakan dalam peluncuran UDAX Indonesia adalah bahasa mandarin yang di translate ke dalam bahasa Inggris. Jadi, sepanjang acara peluncuran UDAX, ada dua bahasa yang digunakan yakni mandarin dan bahasa inggris. Kebayangkan gimana kerasnya otakku bekerja pada hari itu?

Udax Resmi di Luncurkan di Indonesia

Yap, memang untuk orang awam dalam hal digital assets sepertiku, harus menyusuri informasi ini dari mulai pengenalan bitcoin baru bertahap ke UDAX itu sendiri. Nah, biar gak tersesat di tengah tulisan, aku ingin mengajak kamu untuk mengenali bitcoin terlebih dahulu.

Kenalan sama bitcoin

Teman-teman, bitcoin adalah sebuah tipe mata uang yang digunakan di seluruh dunia dan dapat ditukarkan ke dollar AS seperti mata uang lain yang kita ketahui. Bedanya, bitcoin memiliki dua aspek yang berbeda dengan mata uang yang kita ketahui. Sebut saja ringgit dan rupiah. Nah, khusus bitcoin ini, tidak ada lembaga terpusat yang mencetak uang. Jadi uang itu dicetak oleh penggunanya sendiri. Dan dalam dunia bitcoin orang-orang menggunakan aspek anonimitas. Jadi nggak seperti kartu kredit yang dalam penggunaannya harus memasukkan detail-detail personal agar bisa diverifikasi.

Terus hubungannya dengan UDAX apa?

Nah, bitcoin ini adalah salah satu token aset kripto yang diperdagangkan di dalam UDAX. Sementara UDAX merupakan perusahaan penyedia platform pertukaraan aset kripto dengan teknologi blockchain yang berkantor pusat di china. Perusahaan tersebut turut beroperasi di sejumlah negara lain di Asia seperti Korea Selatan, Hong Kong, Malaysia, dan Singapura. Selain bitcoin, platform tersebut memperdagangkan Ethereum.

Terus blockchain itu apa?

Nah, sementara blockchain itu sendiri adalah sebuah teknologi yang dikenal bersama bitcoin yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan dari bitcoin.

Duh shin, kok makin bingung ya..

Oke kalo bahas satu persatu istilah yang baru aku temui, mungkin bisa ngabisin 1000 kata. Jadi untu meringkas tulisan, sambil baca, sambil googling juga ya teman-teman. Hehe…

UDAX Indonesia

UDAX Indonesia diselenggarakan oleh Alliasi Blockchain Asia Tenggara dengan didukung salah satunya oleh Bisnis Indonesia (bisnis.com) ini dipimpin oleh Roger Wang, Bobby Lieu, Yuan Yunfeng, Yang Xinfeng, Jiang Kuizhe, Denny Christ, Jing Cheng min dn Leo Yang. Jadi, wajar aja jika dalam acaranya menggunakan bahasa mandarin ya. Oh ya, dalam acara peluncuran UDAX Indonesia juga turut hadir  Dr. Komang Aryasa sebagai perwakilan dari Indonesia yang memimpin acara tersebut.  UDAX sendiri merupakan kependekan dari United Digital Assets Exchange.

UDAX resmi diluncurkan di Indonesia
UDAX resmi diluncurkan di Indonesia

Temen-temen, peluncuran UDAX di Indonesia resmi  dimulai ketiak para perwakilan berdiri di atas panggung dan meletakkan masing-masing satu tangan pada layar LED yang kemudian memunculkan website UDAX.

Kenapa Udax memilih berdiri di Indonesia. Dalam paparan Mr. Yang Xinfeng mengungkapkan, “Indonesia merupakan pusat perekonomian yang sangat besar di seluruh Asia Tenggara. Selain itu saat ini blockchain sedang berkembang di Indonesia. Maka dari itu Udax memilih mendirikan kantor di Indonesia agar bisa melayani dan tentunya mengajak masyarakat luas untuk lebih mengenal dan mempunyai pengetahuan lebih detail mengenai digital ekonomi”.

Nah, dalam peluncuran udax Indonesia, Bursa Asset digital UDAX global juga menggelar konferensi aliansi blockchain asia tenggara sekaligus sebagai inagurasi berdirinya UDAX Indonesia.

Konferensi aliansi blockchain asia tenggara ini digelar atas prakarsa UDAX bersama Pemerintah Indonesia, Indodav serta perusahaan blockchain dan investor terkemuka dari Korea Selatan dan Asia Tenggara.

Konferensi aliansi Blockchain Asia Tenggara itu juga mempromosikan proyek blockchain yang berhasil, serta mempromosikan pertukaran dan kerja sama industry blockchain Indonesia dan luar negeri.

Wah, semoga kedepannya tak hanya Udax ya yang mendirikan cabang di Indonesia. Dan semoga dengan adanya UDAX di Indonesia semakin membuat masyarakat melek dengan digital ekonomi ya. Untuk yang ingin mengetahui tentang udax, bisa langsung buka websitenya di udax-id.com.

Salam,

Shinta Juliana

3 COMMENTS

  1. UDAX Indonesia, teknologi blockchain cryptocurrency besar di asia tenggara yang didukung oleh UDAX Global dan Telkom, semoga dengan masuknya ke pasar blockchain di indonesia ini bisa semakin menumbuhkan potensi semakin luasnya bisnis yang akan bermunculan.

  2. Akupun baru tau secara dalam tentang cryptocurrency dkk, sebelumnya cuma sekilas aja

    Menurutku adanya platform digital perkembangan teknologi ikut beriringan berkembangnya, kereen orang-orang yg berkecimpung di dunia digital

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here