Sudah berapa lama kamu menekuni aktifitas blogging? Sebulan? Setahun? Atau dua tahun? Well, bila kamu sudah menekuni aktifitas blogging selama itu, pasti kamu tahu dong kalau sebuah blog itu harus dirawat dengan baik seperti memiliki template ciamik yang user friendly, akses loading cepat, dan kalau bisa sudah memiliki nama domain unik serta didukung hosting yang mumpuni.

Oh iya, kamu tahu nggak sih apa maksud dari istilah “hosting”? Jangan-jangan kamu belum tahu apa arti hosting.

Oke, kalau begitu, ada baiknya kamu mengedukasi diri lewat artikel ini, mari mengenal makna kata “hosting” yang sering kamu lewatkan ini. Yuk langsung saja disimak pengertian hostingnya dibawah ini;

Penjelasan mudahnya, hosting bisa diartikan sebagai penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh website dan blog sehingga dapat diakses oleh pengunjung lewat internet. Data yang ditampung dalam hosting biasanya berupa gambar, email, aplikasi/program/script, dan database.

Well, setelah kamu mengetahui definisi tentang hosting, mungkin kalau selama ini kamu ngeblog di platform wordpress dengan akun gratis, tak ada salahnya mempertimbangkan untuk memilih hosting yang tepat untuk blog milikmu.

“Tapi, aku belum beli domain ka, apa bisa sekalian beli hosting dan domainnya bisa dilakukan di tempat yang sama?”

Yup, benar sekali, kamu bisa membeli domain dan hosting sekaligus di brand penyedia hosting untuk blog pribadimu. Menarik, bukan?

Berhubung kamu masih pemula mengenai hosting, ada baiknya kamu mengetahui beberapa indikator hosting yang baik terlebih dahulu supaya kamu nggak salah pilih nantinya.

Secara ringkas, hosting yang baik harus memenuhi ke 6 indikator berikut ini;

  1. Penyedia hosting harus memiliki layanan support yang baik yang bisa dihubungi 24/7.
  2. Kalau bisa, pilih penyedia hosting yang memberikan paket security seperti SSL gratis, CDN, dan sebagainya.
  3. Memberikan resource yang cukup untuk sebuah website
  4. Memiliki panduan dan dokumentasi yang cukup lengkap yang bisa membantu pengguna baru
  5. Memiliki sistem backup harian, mingguan, dan bulanan.
  6. Memberikan layanan migrasi hosting dan gratis domain

Setelah mengetahui indikatornya, kamu bisa langsung cari web hosternya di internet. Bingung carinya?

Jangan bingung ya, saya rekomendasikan satu layanan hosting yang cocok buat kamu yang masih baru di dunia blogging, saya sarankan kamu untuk membeli hosting di www.domainesia.com/hosting

Kenapa DomaiNesia layak untuk dipertimbangkan jadi tempat kamu menyewa hosting?

Jawabannya, kembali lagi kepada 6 indikator yang telah kita bahas bersama, brand web hosting ini memenuhi keenam kriteria layanan hosting yang baik. Ingin tahu detailnya supaya kamu tambah yakin untuk membeli hosting melalui brand ini? Yuk disimak ulasannya.

  1. DomaiNesia Memiliki Layanan Support yang Baik untuk Pelanggannya

Sebagai blogger yang ingin migrasi hosting ke layanan pihak ketiga supaya bisa lebih leluasa berekspresi tanpa batas di blog, DomaiNesia menyediakan layanan support terbaik yang bisa dihubungi 24 jam dalam rentang waktu 7 hari. So, jika kamu ada kesulitan, bisa tanya kapanpun ke bagian layanan support mereka.

2. Semua Paket Termasuk pada Paket Termurah Sekalipun Tetap Mendapatkan Fitur “Performance and Security” yang Sama (SSL, CDN, dll)

Tidak semua brand layanan hosting mau rela dengan senang hati memberikan fitur lebih berupa “performance and security” pada paket termurah mereka, rugi katanya. Berbeda dengan DomaiNesia, meski kamu pilih paket termurah, kamu akan mendapatkan fitur SSL, CDN, Litespeed, dll.

3. Paket Resource Termurah Domainesia Memberikan Kapasitas yang Memadai Untuk Membuat Website atau Blog Baru

Biasanya kalau beli paket paling murah, paling dapet resource-nya 512MB atau bahkan kurang, lah ini kalau di Domainesia beda, kamu akan mendapatkan 750MB SSD Disk dengan unlimited bandwith, CPU 0,75 core, dan RAM 512MB. Spesifikasi ini cukup memadai untuk blog kamu yang masih baru atau blog lama milikmu yang trafiknya belum banyak.

4. DomaiNesia Menyediakan Panduan yang Lengkap Untuk Pengguna Baru

DomaiNesia sudah berdiri selama 10 tahun, jadi tidak heran kalau website mereka memiliki banyak panduan lengkap yang bisa membantumu cara instalasi hosting dan domain, migrasi hosting, dan konfigurasi penting lainnya ada disini. So, nggak ada lagi tuh drama galau gagal pasang hosting dan domain kalau beli disini

5. Gratis Fitur Backup Harian, Mingguan, dan Bulanan

Sebenarnya, fitur backup termasuk fitur standar yang dimiliki oleh semua layanan web hoster. Hanya saja, brand lain kebanyakan hanya menyediakan fitur backup mingguan. Berbeda dengan DomaiNesia, mereka menyediakan fitur backup harian (daily backup) yang tersedia untuk semua paket hosting sekalipun paket termurah

6. Gratis Migrasi Hosting dan Domain

Kalau kamu hendak migrasi hosting ke DomaiNesia, brand ini akan memberikan layanan migrasi gratis plus bonus domain gratis dengan syarat minimal membeli paket super dengan masa langganan 1 tahun.

Sebagai penutup, saya harap tulisan ini bisa memberikan edukasi terkait hosting beserta sub topik relevan di bidang ini, semoga tulisan ini bermanfaat untukmu ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here