Setelah hampir seminggu fokus mempersiapkan diri untuk kembali bekerja, pagi tadi saya kembali berkecimprung dalam sebuah acara yang diselenggerakan oleh Kehumasan Polda Metro Jaya. Acara yang berlokasi di Gedung Promoter Polda Metro Jaya Jakarta diselenggerakan dalam rangka keluncuran sebuah portal media berbasis android PMJNews.com.

Sejak dari Joglo menuju lokasi acara, atomosfir kepadatan kendaraan sudah terasa. Maklum jam-jamnya orang berangkat kerja. Dan mulai besok, saya akan menjadi salah satu di antara mereka. Memiliki jadwal rutin berangkat pagi pulang sore, mulai dari hari senin sampai jum’at. Sebuah rutinitas yang sempat membuat jenuh tapi rindu. Hehe..

Launching PMJNews.com
Launching PMJNews.com

Pada pukul 8.15, saya dan suami memarkirkan kendaraan tepat di depan gedung promoter. Gedung yang menjulang tinggi di antara yang lainnya sudah tampak dipadati para awak media, staf kepolisian, dan bloggers. Kami bergegas dengan lankah gontai, takut-takut acara sudah dimulai atau kami menjadi orang yang terakhir mengisi daftar hadir. Alhamdulillah ternyata acara belum dimulai dan kami bukan orang terakhir yang mengisi daftar hadir.

Maraknya Berita Hoax

Guys, seperti yang sudah kita ketahui, kalo akhir-akhir ini perkembangan berita hoax lagi masif banget di masyarakat. Gak jelas datanya, gak jelas sumbernya, dan gak jelas juga kebenarannya. Tapi jempol dengan mudahnya nyebarin berita itu. Padahal kebenarannya gak bisa dipertanggungjawabkan. Miris banget kan?

Ditambah dengan kemudahan masyarakat mendapatkan berita yang hanya mengandalkan jempol. Sebagai orang awam pasti sulit mencari kebenaran dan membedakan mana berita yang benar dan mana berita hoax. Maka tak jarang, banyak masyarakat yang tertipu oleh berita yang ada. Hoax dianggap benar, berita benar dianggap hoax.

Blogger Anti Hoax
Blogger Anti Hoax

Ditambah dengan fitur share yang tertera dalam setiap laman berita yang kita baca, yang nggak tahu kebenarannya, dapat dengan mudah kita bagikan ke orang lain. Kurangnya edukasi mengenai ‘filter informasi’ dan membiasakan diri untuk cross check kebenarannya terlebih dahulu sebelum disebarkan, membuat kita termakan informasi fiktif. Sikap seperti inilah yang akhirnya membuat hoax semakin melebar di masyarakat dan dianggap sebagai berita benar, sementara berita benar malah dianggap hoax.

Ketika hoax di masyarakat sudah menjadi konsumsi sehari-hari jelas memiliki efek negatif bagi persatuan dan kesatuan. Berita-berita yang kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan  bisa membuat perpecahan. Apalagi jika sudah mengenai isu politik dan SARA.

Kadiv Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Argo Yuwono menyampaikan sambutannya
Kadiv Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Argo Yuwono menyampaikan sambutannya

Sebagai salah satu institusi publik, Polri terus meningkatkan kinerjanya, sekaligus membuka akses seluas-luasnya kepada publik untuk menyampaikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam upaya memberikan informasi dan edukasi secara cepat dan akurat kepada publik, Kehumasan Polda Metro Jaya meluncurkan sebuah portal media berbasis android, PMJNews.com.

Diharapkan dengan hadirnya portal media digital satu ini bisa menjadi media rujukan pemberitaan media mainstream lainnya yang sesuai dengan fakta dan data yang akurat yang didapati langsung dari sumber terpercaya di Polda Metro Jaya.

Lawan Hoax dengan PMJNews.com

Sadar akan pentingnya sebuah portal berita yang mampu menjadi rujukan kepada publik, tempat cross check kebenaran berita yang sedang beredar, PMJNews.com hadir untuk melawan hoax. Seperti aplikasi berbasis android pada umunya, PMJnews bisa didowload di  google play. Jadi, memang PMJNews.com hadir mengikuti tren era revolusi industri 4.0.

Selain itu penerapan informasi kepolisian dalam format pemberitaan berbasis android yang berkesinambugan akan sangat membantu organisasi khususnya Humas Polda Metro Jaya untuk lebih meningkatkan kinerja, dan diharapkan menjadi salah suatu cara yang paling tepat dalam menyampaikan informasi kepada publik. Pada aplikasi PMJNews juga bisa kamu temukan berbagai topik berita dari topik politik, olahraga, kesehatan, sampai hiburan.

Aplikasi PMJNews.com di smartphone
Aplikasi PMJNews.com di smartphone

Jadi, jika kedepannya kamu menemukan sebuah berita yang membingungkan, simpang siur, cross check terlebih dahulu kebenarannya. Jangan membagikan berita yang kamu pun ragu kebenarannya. Salah satu caranya, kamu bisa merujuk ke PMJNews.com. Makanya install segera aplikasi PMJNews.com di smartphone kamu.

Kemudahan dalam mendapatkan informasi, patutnya dibarengi dengan edukasi mana berita yang hanya cukup sampai di tangan kamu, dan mana yang patut disebarkan. Jangan sampai kemudahan justru membuat kita terjerambab ke dalam berita hoax.

Saya anti berita hoax, saya install PMJNews.com! Semoga kamu juga!

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here