Ketika kita membicarakan sebuah karya seni, tentu penilaiannya bukan hanya pada keindahan apa yang tampak di mata. Namun penilaian tentang tingginya sebuah karya seni terdapat pada pesan yang dibawa atau yang terkandung di dalamnya. Pesan yang mana diharapkan tak hanya dinikmati oleh mata, tapi juga mampu menyentuh hati penikmatnya. Sebuah pesan dari karya seni untuk sampai di hati membutuhkan tangan-tangan lembut untuk menciptakan karya luar biasa. Seperti saat seorang pelukis hendak menyampaikan pesan, maka yang dibutuhkan bukan hanya tangan yang pandai membuat sketsa, bukan hanya tangan yang pandai memadukan warna, tapi juga tangan yang mampu berdialog dengan hati dalam setiap goresannya.

Menyampaikan pesan lewat sebuah karya seni memang sudah bukan hal yang sulit ditemukan. Banyak seniman menciptakan karya dengan pesan yang tersirat. Kali ini ajakan untuk menyampaikan pesan melalui karya seni dilakukan  oleh PT Kao Indonesia. Dengan mengajak anak-anak usia 9 tahun sampai 15 tahun untuk berpartisipasi dalam Lomba Melukis Lingkungan, diharapkan anak-anak melek sejak dini untuk melindungi alam jagat raya.

Lomba Lukis PT Kao Indonesia

Sebagai wujud dari komitmen Kao untuk turut serta menciptakan lingkungan sehat dan bersih, Kao menggelar lomba melukis untuk anak-anak tingkat Internasional. Program ini telah rutin dilaksanakan Kao setiap tahun sejak tahun 2010 .

“Lukisan merupakan salah satu media dalam seni. Di tengah-tengah perkembangan teknologi yang pesat, lukisan tetap menjadi media yang relevan dengan pesan-pesannya. Kalau dulu kita melihat lukisan di museum untuk mempelajari sejarah, sekarang kita melihat lukisan sebagai cara memandang masa depan. Hal ini terbukti dari hasil lukisan anak-anak Indonesia yang ikut dalam Lomba Melukis Lingkungan Kao untuk Anak-anak,” ungkap Pratomo P. Aritedjo, Associate Vice President Human Capital Development PT Kao Indonesia.

Lomba lukis Kao di tahun ke-8 telah dilaksanakan pada tahun 2017 dengan mengusung tema eco together yang bertujuan menanamkan kesadaran dalam diri anak-anak di seluruh dunia akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Dengan pesan-pesan yang mereka sampaikan lewat kreasi tangan mereka sendiri, diharapkan mereka mampu menumbuhkan kepedulian akan lingkungan sejak dini.

Pemenang Lomba Lukis PT Kao Indonesia ke-8

Pada tanggal 24 Februari 2017, di Hotel Pullman Central Park, Jakarta, PT Kao mengundang para pemenang Lomba Melukis Anak Kao untuk hadir dalam acara Painting for a Better World sekaligus untuk penyerahan hadiah. Sementara pengumumannya telah diinfokan pada 30 November 2017 lalu. Berikut anak-anak berbakat yang berhasil mendapatkan penghargaan eco friend prize:

  1. Viola Arielle Suliandy (13 tahun), dengan karyanya yang berjudul, “Alam menyelamatkan Dirinya sendiri melalui tangan kita”.
  2. I Wayan Amerta Nur Pradnyana (15 tahun), dengan karyanya yang berjuul, “Reuse”.

Selain penghargaan eco friend prize, Kao juga memberikan 3 pemenang penghargaan group prize dari total 5 pemenang kepada Indonesia, yaitu:

  1. MTs Negeri 1 Pasuruan, Jawa Timur dengan 907 karya
  2. SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta dengan 434 karya
  3. SMPN 2 Bangi Pasuruan, Jawa Timur dengan 425 karya

Bagi pemenang penghargaan eco friend prize, karya-karyanya juga dipamerkan di booth Kao pada acara pameran Eco-Pro yang diselenggarakan di Tokyo Big Sight pada tanggal 7-9 Desember 2017.

Teknis Mengikuti Lomba Melukis Anak-anak Kao Internasional

Lomba melukis anak-anak kao terbuka bagi anak-anak yang berusia 9 tahun – 15 tahun. Setiap lomba yang diadakan, Kao terlebih dahulu akan mengirim surat edaran ke setiap Sekolah  Dasar yang berisi ajakan untuk berpartisipasi. Yang dilanjutkan dengan pengiriman karya-karya siswa-siswinya. Agar tidak membatasi imajinasi dan kreasi anak-anak, Kao membebaskan media yang digunakan. Peserta boleh menggunakan krayon, pensil warna, bahkan cat minyak.

Kao berharap pada tahun berikutnya, bisa lebih memperluas jangkauan peserta hingga anak SMP bahkan sampai pelosok-pelosok. Yuk, doakan semoga bisa cepat terealisasikan.

Rangkaian Acara Painting for a Better World

Pada Acara Painting for a better world yang diselenggarakan di Hotel Pullman Jakarta, selain merupakan ajang kegiatan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba melukis Kao “eco together”,  Kao juga mengumumukan informasi penting tentang kelanjutan kerjasama program Anak Kao dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) yang telah berjalan selama 2 tahun. Kerjasama ini merupakan wujud kepedulian untuk mewujudkan generasi muda yang peduli akan kebersihan, kesehatan, dan turut menjaga lingkungan. Menginjak tahun ke-3 semoga kerjasama bisa tetap berjalan dan semakin gencar menjalankan program-programnya. Selain itu melalui program anak Kao diharapkan mampu mendidik anak menjadi semakin kreatif, aktif dan optimis.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh PT Kao Indonesia turut hadir pula tokoh-tokoh yang berperan penting diantaranya, Ms. Noriko Inoue selaku Sustainable Department Kao Corporation Japan yang didampingi oleh ibu Sulistyaning Palupijati selaku Head of Partnership YCAB. Selain itu komikus sekaligus pencipta KOSTUM (Komik Strip untuk Umum), Kak Haryadhi turut hadir untuk menghibur anak-anak dengan mendogeng sambil melukis.

Kak Haryadhi menghibur anak-anak dengan mendogeng sambil melukis.

Mengenal sedikit tentang PT Kao Indonesia

Setelah membahas panjang lebar tentang Kao, mungkin ada yang masih bertanya-tanya, apasih Kao? Perusahaan apa Kao?

PT Kao Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang  usaha barang-barang konsumsi. Perusahaan yang memiliki website www.kao.com/id memiliki beberaha kategori bidang usaha, di antaranya:

  1. Perawatan Kulit yang meliputi sabun perawatan wajah dan sabun mandi “BIORE”.
  2. Perawatan Kesehatan berupa pembalut wanita “LAURIER”.
  3. Produk kebutuhan rumah tangga berupa sabun cuci pakaian “ATTACK”.

Nah, dengan kata lain, tanpa disadari dan tanpa kita tahu, produk-produk Kao telah banyak kita temui bahkan kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here