Kamu termasuk orang yang lebih nyaman bekerja di rumah, kantor, atau di coffeeshop? Kalo aku sih, sejak setahun yang lalu, tepatnya sejak memutuskan terjun menjadi blogger lifestyle, entah kenapa aku lebih nyaman bekerja di coffeeshop. Wifi lancar, bisa fokus tanpa terdistraksi hal-hal yang bisa saja ada jika bekerja di rumah, dan aku suka suasana coffeeshop dengan segala kesibukannya. Lebih mudah rasanya menuangkan ide dengan sesekali melempar pandangan ke barista yang sedang sibuk meracik kopi. Sesekali bisa mendengar bunyi kopi digiling dari mesin kopi, atau jika aku menyempatkan diri melepas headset, aku bisa sesekali mendengar obrolan meja sebelah. Sebuah kehidupan yang bagiku bisa menjadi sebuah ide segar.

Jadi Blogger LifeStyle dengan Modern PC
Jadi Blogger LifeStyle dengan Modern PC

Karena pekerjaanku yang memang bisa dilakukan di mana saja, dan aku memilih coffeeshop sebagai tempat ideal, tentu aku memerlukan sebuah PC dengan fitur yang memudahkan, PC yang gak ribet ditenteng kemanapun, gak bikin sakit punggung karena bebannya yang berlebihan, bisa memaksimalkan pekerjaan yang aku geluti dengan fitur-fitur di dalamnya dan PC yang penampilannya bikin tambah percaya diri.

Kenapa sih? Apa hubungannya penampilan PC dengan percaya diri? Sebagai anak lifestyle yang penghasilannya tak hanya dihasilkan dari isi otak, jujur penampilan bisa menjadi penunjang kepercayaan diri. Dengan tampilan PC modern, yang rata-rata tebalnya cuma segaris, bisa membuat kita terihat lebih professional apabila bertemu dengan klien untuk presentasi.

Berbicara tentang modern PC, beruntungnya aku yang notabene gak begitu mengerti tekno diajak menyimak langsung tentang keunggulan modern PC beserta perangkatnya pada, 20 Mei 2019 lalu di JSCHive by CoHive, Jalan Prof DR Satrio no.7, Kuningan, Jakarta Selatan.

Khianto Liang, MNA Channel Executive Microsoft
Khianto Liang, MNA Channel Executive Microsoft

Modern PC itu apa sih? Apa cukup hanya tentang penampilan yang modern, berkelas, tebal segaris, dan ringan dibawa kemana-mana? Jawabannya tidak. Modern PC gak hanya mengunggulkan tampilan fisik, tapi juga fitur-fitur di dalamnya. Percuma dong punya tampilan fisik oke tapi pas dipake kerja masih lemot? Fitur-fiturnya gak memberikan kemudahan pekerjaan kita. Hmm.. yang namanya modern PC itu adalah PC Modern dengan prosesor intel ® Core™ i5 generasi Ke-8 dan fitur Windows 10 akan mampu menaikkan level performa saat kita bekerja dan bermain.

Nah, dengan menggunakan modern PC artinya:

  • Selangkah maju dengan produktivitas: mengubah segala waktu menjadi uptime dengan perangkat produktivitas portable yang andal
  • Selangkah maju dengan kreativitas: fitur windows link yang mengubah ingpirasi menjadi 3D yang mengagumkan
  • Selangkah maju dengan multitasking: pekerjaan yang menumpuk dapat diselesaikan dalam waktu yang lebih singkat.

Ah, beli modern PC harganya mahal banget

Eits, jangan salah.. kamu bisa menikmati keunggulan modern PC dimulai dengan mengupgrade windows di laptopmu ke windows 10 lho.

Baru tahu ya? Sama dong.

Jadi gini, sebetulnya laptopkupun sudah menggunakan windows 10 sejak lama, hanya saja aku belum memiliki cukup pengetahuan tentang fitur-fitur di dalamnya yang menyediakan banyak kemudahan selain kecepatan kerjanya. Jadi sebelum hadir di event Microsoft kemarin, yang aku gunakan hanya seputaran Microsoft Word, Excel, Gmail, Chrome, youtube, ehm,, apa lagi ya. Sepertinya cuma itu.

Bapak Hadi Gunawan Sugito, Customers Master Trainer Microsoft
Bapak Hadi Gunawan Sugito, Customers Master Trainer Microsoft

Nah, setelah mendengar penjelasan dari Bapak Hadi Gunawan Sugito dari Microsoft, aku baru tahu bahwa paint sekarang ada 3Dnya, kelebihan berjelajah dengan Microsoft edge, menghadirkan beberapa aplikasi dalam satu layar, bisa terkoneksi langsung dengan smartphone lewat aplikasi OneNOTE, dan ternyata Microsoft punya fitur canggih semacam Microsoft office lens yang bisa digunakan di smartphone. Ah, ternyata pelan-pelan harus moveon nih ke OneNote, udah pake windows 10 tapi masih pake word. Huhu…

Aku coba jabarin satu persatu ya, agar informasinya lebih mudah dicerna

3D Paint

Siapa yang suka menggambar?  Atau laptopnya sering dipinjam anak untuk belajar menggambar di paint? Hm, jika kamu penggemar paint, ada kabar bahagia lho, kini paint ada 3Dnya.

Jadi apapun yang kamu gambar di 3D paint, bisa menjadi gambar 3D lho. Bisa diputar, bisa memiliki ruang, seolah-olah hidup. Garis hitam yang kamu bentangkan di paint bisa memiliki ruang, bisa kamu putar ke berbagai arah. Woow… takjub, gimana jadinya jika kamu gambar pemandangan di 3D paint? Mau mencoba? Upgrade dulu ke windows 10 ya.

Microsoft Edge

Jika kamu pengguna  Netflix sepertinya akan semakin dimanjakan dengan Microsoft Edge lho. Pasalnya, dengan menggunakan Microsoft edge, kamu bisa menikmati konten dengan resolusi 4K. Makin jelas aja deh tampilan videonya. Buat penggemar drakor, wiiiiih makin kesengsem karena penampilan aktor-aktor idolanya makin bisa dinikmati dengan jelas.

Kemampuan multitasking

Nah, ini salah satu faktor yang bisa membuat pekerjaan selesai lebih cepat. Bayangkan, dalam satu layar, kamu bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus. Jadi nggak perlu close ini – buka aplikasi itu – close ini – buka aplikasi itu. Buka aja semua aplikasi yang kamu perlukan dan semuanya akan tampil dalam satu layar. Canggih!

OneNOTE

Jika kamu masih menggunakan Microsoft word, sepertinya kamu perlu mencoba menggunakan Microsoft OneNOTE deh. Pasalnya dalam satu aplikasi, kamu sudah bisa menambahkan checklist, gambar, dokumen office, catatan, tulisan tangan, coretan, screenshot, highlighter (stabilo), data, grafik, audio, dan berbagai elemen lainnya. Posisi meletakkan elemen tersebut juga tidak dibatasi oleh area, artinya kamu bisa meletakkannya di area manapun yang kamu inginkan.

Nah, kelebihan OneNote lainnya, OneNote juga bisa tersingkronisasi langsung dengan skydrive. Jadi gak perlu tuh kirim-kirim email, apalagi pake flashdisk. Lebih mudahkan? Bahkan jika sewaktu-waktu kamu ingin membuka file di OneNote dengan cepat, kamu juga bisa membukanya lewat smartphone. Dengan syarat smartphone yang kamu gunakan juga sudah terkoneksi dengan OneNote di laptopmu.

Office Lens

Sering memotret slide presentasi terus hasil gambarnya kurang maksimal? Coba deh download Microsoft Office lens. Pertama aku pakai saat di acara Microsoft, ternyata sangat memudahkan lho. Jadi, sekalipun saat kamu mengambil gambar slide dalam keadaan miring, gambar yang kamu dapat akan tetap tegak, proporsional, dan tentunya tidak akan terdistraksi dengan tampilan-tampilan yang nggak diperlukan. Cobain deh!

Apakah semua kemudahan itu hanya bisa dinikmati lewat PC? Jawabannya tidak. Kita bisa menikmati fitur-fitur dari Microsoft tak hanya di PC, tapi juga di smartphone. Itulah salah satu keunggulannya. Hanya saja, mungkin dari segi tampilan, smartphone lebih terbatas.

Selanjutnya, harus kemana sih jika ingin memiliki fitur-fitur Microsoft original, termasuk Microsoft Windows 10?

Vivin Alianto, Product Manager, Synnex Metrodata Indonesia
Vivin Alianto, Product Manager, Synnex Metrodata Indonesia

Vivin Alianto, Product Manager, Synnex Metrodata Indonesia mengungkapkan, demi keamanan dan melindungi originalitas sekarang sudah tersedia Microsoft ESD (Electronic Software Delivery). ESD adalah sebuah sistem terbaru Microsoft dimana kamu akan langsung dilayani dalam pembelian produk Microsoft, tidak lagi repot pengiriman fisik karena aktivasi produk langsung dikirim ke email pelanggan. Jadi gak perlu khawatir mendapat barang palsu atau bajakan.

Nah, gimana nih tertarik upgrade ke windows 10? Jika sudah menggunakan windown 10, sudahkah kamu menikmati fitur-fitur kemudahannya? Share yuk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here