Persiapan MPASI ala New Mom
Persiapan MPASI ala New Mom

“Masa MPASI bagiku adalah kelas baru yang tak hanya membutuhkan skill, tapi juga perlu peralatan yang baik untuk mendukung MPASI si kecil.”

Berbicara tentang MPASI, aku sudah mengantongi beberapa informasi dasar seperti MPASI empat kuadran, kebutuhan gizi si kecil, beberapa contoh menu standar dan cara pengolahannya, dan beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan untuk mendukung MPASI si kecil. 

Beruntung banget aku ada di masa di mana untuk mendapatkan informasi sangat mudah. Seperti informasi per-MPASI-an misalnya, Aku bisa dapat dengan mudah informasi lengkapnya di instagram Dr.Meta atau Channel Youtube Dr. Tiwi. Lain hal kalo untuk peralatan MPASI, aku kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari teman-teman yang sudah lebih dulu terjun. Nah, di kesempatan kali ini, Aku sudah rangkum beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan untuk mendukung MPASI si kecil.

Apa saja sih peralatan yang perlu dipersiapkan untuk mendukung MPASI si kecil? 

  1. High Chair atau booster seat

High chair atau booster seat  merupakan peralatan mpasi yang berfungsi untuk memudahkan bayi mengonsumsi MPASI. Selain itu, high chair juga berguna untuk mengajari si kecil makan dengan benar. Sebagai tambahan, high chair juga berfungsi untuk mendudukan si kecil dalam posisi yang tepat untuk mengonsumsi makanan. Hal ini berguna untuk mengurangi risiko tersedak. Tidak perlu high chair yang mahal, sekarang banyak ecommerce yang menawarkan high chair atau booster seat dengan harga terjangkau.

  1. Baby bib

Baby bib atau lebih dikenal dengan sebutan celemek ini merupakan perlengkapan MPASI yang berfungsi untuk menghalau sisa-sisa makanan jatuh ke pakaian atau lantai. Seperti yang bunda ketahui, anak di usia 6-12 bulan masih dalam tahap belajar makan. Jadi cara makannya masih berantakan. Bahkan, di usia ini rasa penasaran si kecil sering mendorongnya meraih makanannya sendiri.

3. Peralatan MPASI Bayi (Piring, garpu, sendok bebas BPA)

Persiapan MPASI ala New Mom
Persiapan MPASI ala New Mom

Seperti namanya ‘Makanan Pendamping ASI’. Setiap yang berhubungan dengan makanan pasti membutuhkan piring, garpu, sendok, dll. Nah, khusus untuk si kecil, pastikan bunda memilih peralatan makan yang terbuat dari bahan plastik bebas BPA (Bisphenol A). Peralatan makan berbahan plastik sangat memudahkan bunda dan si kecil saat MPASI karena karakternya yang ringan dan tidak mudah pecah.

4. Baby food maker

Baby food maker berguna untuk memudahkan bunda membuat menu MPASI yang empuk dan lembut. Hal ini penting karena pencernaan si kecil belum sempurna, sehingga membutuhkan makanan yang mudah dicerna. Biasanya dalam satu paket baby food maker sudah tersedia pengukus, penghangat, blender, sampai mencairkan makanan beku.

  1. Baby Bottles and Accessories Cleanser
Persiapan MPASI ala New Mom
Persiapan MPASI ala New Mom

Saat pengolahannya sudah tepat, peralatannya sudah lengkap, bunda juga perlu memperhatikan kebersihannya. Nah, untuk kebersihan peralatan dan makanan si kecil, bunda bisa menggunakan Pigeon liquid cleanser yang terbuat dari bahan alami dan berkualitas tinggi, sehingga aman untuk bayi, lembut di kulit, aman untuk buah dan sayur, serta dilengkapi formula anti bakteri (telah teruji di laboratorium terhadap E.coli, S.aureus, dan P.aeruginosa).

 Baby Bottles and Accessories Cleanser.jpeg 
Baby Bottles and Accessories Cleanser.jpeg

Selain itu, produk yang dikenal dengan 5 in 1 yaitu food grade, mudah dibilas, sedikit busa, bebas paraben, serta telah teruji secara dermatologis ini juga mampu menghilangkan kotoran yang sulit dibersihkan termasuk sisa lemak susu.  Cocok banget untuk menghilangkan noda membandel pada botol susu, dot, empeng, serta mainan si kecil

Pigeon Liquid Cleanser

 Baby Bottles and Accessories Cleanser.jpeg 
Baby Bottles and Accessories Cleanser.jpeg

Ingredient : 

Sodium Citrate 5.55%, Propylene Glycol 1.2%, Anionic Surfactant USP 0.4%, Citric Acid 0.3%, Sodium Benzoate 0.2%, Apple Flavor 0.1%.

Tersedia kemasan refill untuk isi ulang
Tersedia kemasan refill untuk isi ulang

Cara penggunaan:

  1. Bersihkan botol susu, dot, mainan dan perlengkapan lainnya dengan menuangkan cairan pembersih langsung pada spon pencuci.
  2. Setelah proses mencuci, bilas botol susu, dot, mainan dan perlengkapan lainnya dengan air mengalir selama kurang lebih 5 detik.
  3. Untuk buah dan sayur, bilas dengan air minimal 30 detik.
  4. Jika membilas menggunakan baskom, air dalam baskom harus diganti minimal dua kali.

Catatan:

Temukan Pigeon Liquid Cleanser di toko atau supermarket terdekat. Untuk pecinta online bisa mendapatkan Pigeon liquid cleanser di e-commerce kesayangan bunda.

Agar lulus dari kelas MPASI, siapkan segalanya dari sekarang. Karena kunci ibu bahagia adalah melihat si kecil tumbuh sehat. Agar si kecil tumbuh sehat, jangan lupa jaga kebersihannya ya bunda. Untuk soal kebersihan peralatan makan si kecil, pilih ahlinya “PIGEON LIQUID CLEANSER”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here